Senin, 02 Juli 2012

analisis perubahan tingkah laku

Pelaksanaan teknik analisis pengubahan tingkahlaku terhadap perilaku agresif anak Taman Kanak--Kanak (Studi kasus di TK Laboraturium Universitas Negeri Malang kelompok AII) / Pudiah Kartini DDC Rs 155.232 KAR p Author Kartini, Pudiah Year 2008 Language ind Abstract Masalah perilaku banyak dialami oleh anak-anak usia prasekolah, dan masalah perilaku tersebut dianggap wajar terjadi untuk anak usia prasekolah. Guru telah banyak melakukan upaya untuk membantu anak didiknya yang mengalami masalah perilaku seperti perilaku agresif. Upaya tersebut dilakukan untuk membantu anak mengembangkan potensinya secara optimal. Namun upaya yang dilakukan guru belum mencapai hasil yang maksimal. Hal ini dapat dilihat dari munculnya berbagai masalah tingkahlaku di TK. Teknik analisis pengubahan tingkahlaku sebagai salah satu upaya bimbingan yang digunakan guru untuk membantu anak yang mengalami masalah perilaku. Upaya guru tersebut didukung oleh pihak taman kanak-kanak juga didukung oleh orang tua anak. Guru juga mengadakan kerjasama dengan orang tua anak mengingat intervensi orang tua pada anak usia prasekolah masih sangat besar. Dari upaya guru ini diharapkan teknik bantuan yang diberikan pada anak selain efektif juga dapat mengembangkan potensi anak secara optimal. Penelitian ini terutama bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan teknik analisis pengubahan tingkahlaku yang diterapkan guru pada salah satu anak didiknya yang berperilaku agresif fisik menggigit. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah (1) mengetahui pelaksanaan teknik analisis pengubahan tingkahlaku untuk mengubah perilaku agresif anak TK Laboratorium Universitas Negeri Malang kelompok A II; (a) mengetahui langkah-langkah guru memilih sasaran perubahan, (b) mengetahui langkah-langkah guru menetapkan lingkungan, (c) mengetahui langkah-langkah guru merencanakan dan melaksanakan strategi pengubahan, dan (d) untuk mengetahui guru mengevaluasi program pengubahan. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian kualitatif. Penelitian dilaksanakan di TK Laboratorium UM. Sebagai subyek penelitian, penulis mengambil satu orang guru yang menerapkan teknik analisis pengubahan tingkahlaku kepada satu orang siswa di kelas. Guru sebagai subyek penelitian adalah guru kelas TK Laboratorium UM Kelompok A II. Dalam penelitian ini penulis bertindak sebagai instrumen. Teknik pengumpulan data di lapangan memanfaatkan pengamatan (pemeranserta sebagai pengamat) di dalam kelas dan wawancara. Hasil dari pengamatan dan wawancara dicatat dalam catatan lapangan. Sesuai yang telah dirumuskan, hasil penelitian ini adalah (1) guru melaksanakan teknik analisis pengubahan tingkahlaku dengan tahap-tahap yang telah ditentukan yaitu (a) guru memilih satu sasaran perubahan (perilaku agresif), (b) guru melakukan observasi awal dan menentukan lingkungan yang mendukung tercapainya sasaran deselerasi maupun sasaran akslerasi, (c) guru merencanakan dan mengimplementasikan strategi pengubahan, dan (d) guru mengevaluasi program pengubahan. Anak juga telah belajar tingkahlaku baru yang cenderung positif. Dengan demikian menunjukkan bahwa pelaksanaan teknik analisis pengubahan tingkahlaku terhadap perilaku agresif anak TK Laboratorium UM kelompok A II dapat dilaksanakan oleh guru meskipun terdapat beberapa kekurangan, terbukti teknik ini dapat merubah perilaku agresif dan mengajarkan perilaku baru yang diharapkan. Berdasarkan hasil penelitian, pelaksanaan teknik analisis pengubahan tingkahlaku dapat digunakan untuk membantu menyelesaikan masalah perilaku agresif anak dan perilaku-perilaku lain yang dialami anak usia prasekolah. Dari segi kemampuan guru, guru cukup menguasai teknik analisis pengubahan tingkahlaku ini, akan tetapi guru kurang percaya diri dalam melaksanakannya sehingga masih ada beberapa tahap dalam teknik analisis pengubahan tingkahlaku yang terlewatkan. Teknik analisis pengubahan tingkahlaku sebagai salah satu alternatif untuk membantu menyelesaikan masalah anak di sekolah kurang mendapatkan repon serius dari guru. Berbagai upaya untuk membantu anak telah dilakukan, salah satunya adalah menjalin kerjasama dengan orang tua dan perbaikan kualitas guru untuk bisa memberikan bantuan yang efektif dalam membantu anak menyelesaikan masalahnya. Saran yang perlu dikemukakan dalam penelitian ini adalah (1) pada guru: meningkatkan kemampuan guru dalam teknik analisis pengubahan tingkahlaku dengan latihan-latihan kasus dan mengikuti langkah-langkah yang telah ditentukan, meningkatkan kualitas layanan bantuan utamanya teknik analisis pengubahan tingkahlaku pada siswa dan membantu siswa dalam mengurangi atau menghilangkan perilaku agresifnya, (2) pada orang tua, hendaknya menjalin kerjasama dengan taman kanak-kanak seperti membaca buku penghubung, meluangkan waktu untuk mengantar dan menjemput anak dan konsultasi dengan guru mengenai perkembangan anak. Apa yang dilakukan orang tua semata-mata untuk memberikan perhatian pada perkembangan anak secara fisik dan psikologis, sebab pada masa prasekolah intervensi orang tua pada anak masih sangat kuat, (3) pada peneliti lebih lanjut hendaknya menerapkan analisis pengubahan tingkahlaku secara langsung dan menggunakan metode penelitian yang berbeda misalnya metode penelitian eksperimen untuk membuktikan apakah teknik analisis pengubahan tingkahlaku efektif untuk membantu mengatasi problem tingkahlaku anak, tidak hanya terbatas pada perilaku agresif akan tetapi juga masalah perilaku yang lain.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar